Simaklah cerita guru
Sore Hari
Udara sore sejuk.
Suasananya pun nyaman.
Kamu bisa bermain bersama teman-teman.
Kamu juga bisa mengulang pelajaran.
Membantu Ayah dan Ibu menyiram tanaman
adalah kegiatan sore yang menyenangkan.
Kegiatan apa saja yang kamu lakukan di sore hari?
Dengarkanlah gurumu
Bacalah dengan nyaring
Amati gambar di atas
Bagaimana warna langit saat sore?
Suasana Sore
Matahari mulai condong ke Barat.
Matahari akan terbenam.
Saat itu langit terlihat kemerahan.
Tanda sore telah datang.
Amati gambar di atas
Bagaimana warna langit saat sore
Amati gambar di bawah ini
Tunjuklah gambar suasana sore dengan garis
Dengarkan penjelasan gurumu
Mengenal Bayangan
Tengah hari matahari di atas kita.
Bayangan benda lebih pendek.
Sore hari matahari di sebelah Barat.
Bayangan benda lebih panjang.
Amatilah gambar berikut ini
Mana gambar yang menunjukkan sore hari?
Berilah tanda ()
Beni mengajak Udin bermain layang layang.
Dengarkanlah gurumu membaca
Ikuti dengan nyaring
Lalu lakukan dengan berpasangan
Dengarkan gurumu menyanyi dan tirukan
Layang Layang
Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang layang
Bermain berlari bermain layang layang
Bermain kubawa ke tanah lapang
Hati gembira dan riang
Bercerita tentang apakah lagu tersebut?
Amatilah gambar di bawah ini
Setelah mengamati gambar
lengkapilah pernyataan di bawah ini.
1. Layang layang ______ terbang paling tinggi.
2. Layang layang ______ terbang paling rendah.
3. Layang layang Dayu lebih tinggi daripada layang layang
_______________.
4. Layang layang Lani lebih tinggi daripada layang layang
_______________ dan _______________.
5. Layang layang Dayu lebih rendah daripada layang layang
_______________ dan _______________.
6. Layang layang Udin lebih rendah daripada layang layang
_______________ _______________ dan _______________.
7. Urutan layang layang dari yang paling tinggi ke yang paling
rendah adalah layang layang
_______________ _______________ _______________ dan
_______________.
Bermain Bola
Edo bermain di sore hari.
Amatilah gambar di bawah ini baik-baik
Apa saja yang dilakukan
Edo dan teman-teman?
Amati gambar di atas
Diskusikan dengan temanmu
• Apa yang kamu lakukan jika temanmu terjatuh?
• Bagaimana perasaanmu ketika menolong teman?
• Bagaimana perasaanmu jika ditolong teman?
Beni bermain bola di lapangan.
Selesai bermain Beni pulang ke rumah.
Beni membersihkan badan dan berpakaiaan dengan rapi.
Urutkan gambar di bawah ini
Lalu diskusikan dengan teman
Wawancarai temanmu
Lalu salinlah hasil wawancara itu
Kegiatan setelah Bermain Sore
1. ..............................................................................
2. ..............................................................................
3. ..............................................................................
4. ..............................................................................
5. ..............................................................................
Dengarkan gurumu membaca
Tirukan dengan nyaring
Mengenal Kudapan Sore
Hari sudah sore.
Siti berkumpul bersama keluarga.
Ibu menyajikan kudapan.
Ubi kukus dan singkong goreng.
Rasanya sungguh lezat.
Ubi dan singkong adalah umbi umbian.
Begitu juga kentang dan talas.
Salinlah kalimat di bawah ini
Membuat Kudapan Sore
Praktik membuat kudapan sore bersama guru di kelas
Ubi kukus
Bahan:
• Ubi 2—3 kg.
• Garam.
• Kelapa muda parut.
• Daun pandan.
• Daun pisang.
Peralatan:
• Garpu kecil.
• Piring.
• Panci kukus (langseng)
Cara membuat:
• Kupaslah ubi lalu cuci dan potong potong.
• Masukkan potongan ubi ke dalam panci kukus.
• Tambahkan daun pandan.
• Kukuslah selama 30 menit.
• Alasi piring saji dengan daun pisang.
• Letakkan ubi yang sudah matang di piring.
• Kelapa muda parut di beri garam dan gula.
• Taburi ubi dengan parutan kelapa muda.
• Hidangan siap untuk dicicipi.
Menyambut Ayah Ibu Pulang dari Bekerja
Sambutlah ayah ibu pada saat pulang
Lingkarilah gambar cara yang baik menyambut orang tua
Lalu bermain peranlah bersama temanmu
Selain bermain kamu harus membantu orang tua di rumah
Tulislah nama-nama kegiatan membantu orang tua di bawah ini
Lakukan sambil bermain
Ikuti instruksi guru
Cobalah lakukan kegiatan tersebut di rumah
Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan pada sore hari.
Amati gambar di bawah ini
Kegiatan apa yang kamu temukan?
Warnailah gambar di atas
Siti membuat piktograf kegiatan sore hari teman teman
kelasnya.
Bacalah baik baik piktograf yang dibuat Siti
Setiap 1 mewakili 1 anak.
Jawablah pertanyaan berikut ini
•Berapa banyak siswa yang belajar? _____________.
•Berapa banyak siswa yang bermain sepeda? _____________.
•Berapa banyak siswa yang membantu orang tua? _____________.
•Berapa banyak siswa yang menonton televisi? _____________.
•Kegiatan apa yang paling banyak dilakukan siswa? _____________.
•Kegiatan apa yang paling sedikit dilakukan siswa? _____________.
Sekarang Aku Sudah Bisa
Beri tanda () pada kotak
1. Menceritakan suasana sore hari.
3. Menyanyikan lagu Layang Layang.
4. Membandingkan tinggi rendah letak benda.
5. Bersikap sportif saat bermain bersama.
6. Membuat kudapan sore.
7. Membaca piktograf.
Lembar Evaluasi
Tuliskan huruf yang hilang dari kata kata di bawah ini
sua___ana be___ajar
___unga b___la
mem___antu ___andi
sep___da me___onton
___elajaran kum___ul
Susunlah huruf huruf di bawah ini menjadi kata
Tulislah di tabel yang sudah disediakan
Temukan kata kata yang ada dalam kotak teka teki
Lalu tebalkan dan bacalah dengan nyaring
Tidak ada komentar:
Posting Komentar